Siapa Bilang Menjadi Youtuber Pemula Sulit Tenar? Pelajari Triknya!

20 Mar by Brianna

Siapa Bilang Menjadi Youtuber Pemula Sulit Tenar? Pelajari Triknya!

youtuber

Youtuber sekarang jadi salah satu alternatif yang OK buat pejuang dollar di internet. Apa lagi dengan menjadi Youtuber, Anda bisa jadi terkenal kalau tahu caranya. Berikut langkahnya:

Pilih Tema yang Sesuai dengan Minat

Pertama-tama ketahui dulu genre apa yang diinginkan. Ini sangat penting agar tidak merasa terpaksa dan kehabisan ide saat membuat video. Untuk sekarang, ada empat genre di Youtube yang paling populer, antara lain:

Comedy/vlogging – Ada banyak sekali ide yang bisa digali dengan menjadi komedian di Youtube. Bisa tentang real-life skits, standup comedy, parodi lagu dsb.

vlogger

Vlogging sendiri mrupakan video personal. Kebanyakan vlogger ini fokus pada kejadian lucu yang dialami sehari-hari untuk meningkatkan engagement audience.

Gaming – Gaming sendiri merupakan salah satu genre yang cukup populer. Bagi Anda yang gemar sekali bermain game bisa mencoba genre ini.

youtuber gaming

Cukup mainkan game dan rekam cara bermainnya. Tidak usah khawatir karena sekarang banyak sekali aplikasi yang bisa merekam video khusus game sambil dimainkan.

Review Produk – Nah, yang ini juga menjadi kegemaran dan memiliki banyak sekali peminat. Video bisa berisi tentang review produk ternama, tips-tips dan kesan-kesan setelah memakai produk tertentu. Sekarang bahkan anak-anak sering menjadi Youtuber dengan mereview mainan tertentu atau bisa juga review makanan khas.

Tutorial – Genre terakhir yang tidak kalah populer adalah tutorial.

tutorial make up

Yang paling banyak dicari salah satunya adalah tutorial makeup, lifehacks dsb.

Belajar Video Editing

Sama seperti sebuah blog, konten yang bagus saja tidak cukup tanpa pengemasan yang baik. Nah, Anda mulai sekarang bisa belajar video editing agar kemasan video jadi lebih menarik dan juga bisa memotong bagian-bagian yang tidak perlu ditayangkan. Terkadang viewer suka merasa bosan saat video hanya berupa hasil rekaman biasa. Dalam video editing pun Anda bisa memasukkan lagu kesukaan dan efek tertentu supaya lebih lucu.

Mulai Atur Jadwal Membuat Video

Setelah menentukan genre dan mempelajari cara edit video, kini saatnya untuk mulai membuat video. Anda bisa memulainya dengan membuat script-nya terlebih dahulu untuk menghindari banyak kesalahan. Ketika sudah terbiasa, tentu nanti tidak dibutuhkan lagi.

Selain itu, ada baiknya juga bila Anda mempelajari cara ambil angel video agar hasil rekaman tidak monoton. Terakhir, tinggal minta saran teman untuk menilai kualitas video yang dibuat.

Monotize Video dengan Iklan atau Influencer Marketing

Kunci terakhir untuk mendapatkan uang melalui Youtube adalah lakukan monotize dengan mengetahui sejumlah partner iklan. Salah satu contoh yang paling populer adalah Google Adsense.

google adsense

Nah, untuk bisa diterima di partner iklan harus mengikuti sejumlah ketentuan. Misalnya jumlah subscriber dan juga durasi tontonannya.

Sementara influencer merupakan cara mendapatkan penghasilan dengan cara mempromosikan brand ata produk yang dimasukkan dalam video. Contohnya seorang  beauty vlogger yang mempromosikan sebuah produk melalui tutorial kecantikan.

Tidak Ada Salahnya Bekerjasama dengan Youtuber Lain

Menjadi seorang Youtuber pemula bukanlah hal yang mudah. Sebab saat seperti ini ia harus pintar mendatangkan visitor sehingga mudah diterima calon partner iklan untuk diajak kerjasama.

kolaborasi dengan youtuber lain

Nah, salah satu cara untuk meningkatkan popularitas adalah dengan menggaet seorang Youtuber yang memiliki genre sama. Ini sangat penting agar visitor mulai mengenali Anda karena ada salah satu rekan yang sudah terkenal. Istilah kasarnya ‘numpang tenar’. Asalkan konten yang dibuat berkualitas, maka ini tidak ada salahnya.

Spread the love